Milad 55 Tahun UAD dalam Rising Orange 2015

YOGYAKARTA, 5 – 19 DESEMBER 2015
RISING ORANGE 2015
KEMENTERIAN SENI, BUDAYA, DAN OLAHRAGA

Pada tanggal 5 – 19 Desember 2015 kami dari kementerian seni, budaya dan olahraga beserta panitia Rising Orange melakukan perlombaan dari 4 bidang yaitu: Keagamaan, Keilmuan, Kesenian, dan Keolahragaan. Adapun dari bidang keagamaan terdapat lomba Karya Tulis Islami, Kaligrafi, Hafidz, Qiro’ah, Da’i, dan Cerdas Cermat Agama. Dari bidang keilmuan terdapat lomba Mading 3D, Pidato, Kompetisi Debat, Cerdas Cermat Ranking 1, dan Essay. Dari bidang kesenian mengadakan lomba Cerpen, Cipta & Baca Puisi, Karikatur, Poster Moral, Photography, UAD Got Talent, Menyanyi, Stand Up Comedy, Memasak, Drama, ditambah Malam Filosofi dan Seminar Sampah Visual oleh Pak Sumbo Tinarbuko. Dari bidang olahraga mengadakan lomba Catur, Pingpong, Futsal, Basket, Volley, dan Badminton. Perhelatan MILAD UAD ke 55 bertajuk Rising Orange ini dibuka dengan seminar oleh Ki Herman Sinung Janutama dan ditutup dengan Rising Orange Award.
Adapun dengan menggelar total acara sebanyak 31 tersebut dibiayai oleh kampus dan juga ada biaya pendaftaran dari mahasiswa yang semuanya terekap dan terbukukan dalam LPJ RISING ORANGE 2015 yang terbagi dalam3 jilid yang dapat dicek di sekre BEM UAD kampus 1.
Dimulai dari kepanitiaan Rising Orange, disini kepanitiaan kami didominasi oleh angkatan 2015 dan 2014 yang artinya mereka kebanyakan semester 1 dan 3. Mereka terhitung baru dalam hal mengerjakan acara se-tingkat universitas, sehingga apabila terjadi kesalahan seperti misscom, kurang siap, mendadak akan bisa dijadikan pembelajaran di kemudian hari. Mereka akan gunakan pengalaman di RO sebagai pembelajaran mereka dalam mengerjakan acara di ORMAWA, atau event-event kampus selanjutnya.
Acara atau kegiatan di Rising Orange ini jumlahnya 31 acara. Cukup banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya belasan acara. Acara-acara ini di desain khusus bagi mahasiswa UAD untuk menyalurkan bakatnya. Selanjutnya kami dari Kementerian Seni, Budaya, dan Olahraga berupaya untuk pengabadian karya. Prioritas kami adalah bagaimana caranya agar karya mahasiswa UAD tidak hilang begitu saja, diantaranya dengan dokumentasi kegiatan Lomba Menyanyi, UAD Got Talent, Da’i, Qiroah, Mading 3D dan Pidato yang di upload di youtube, pembukuan karya mahasiswa menjadi Jurnal Esay & Karya Tulis Islami, Antologi Cerpen dan Puisi,dan Buku Refleksi Milad UAD “Anda Tidak Akan Bahagia” yang tersebar di Perpustakaan Kampus UAD. Untuk follow up Rising Orange sendiri dari kementerian SBO juga melakukan pembentukan Komunitas Pingpong dan Catur, serta untuk juara satu Lomba Menyanyi diberi kesempatan untuk melakukan rekaman lagu bertemakan Lingkungan Hidup yang mengangkat tema SAMPAH dari kementerian SBO BEM UAD.
Dalam perlombaaan di RO semangat peserta dalam berkompetisi cukup tinggi,sehingga dapat dikatakan perlombaan ini berkualitas, menilik dari gengsi dan kompetitifnya ajang. Acara dalam Rising Orange bisa dikatakan bergengsi dibuktikan dengan semua pemenang mengambil piala sebagai simbol penghargaan atas prestasi mahasiswa. Tidak ada piala yang tertinggal di BEMU.Kompetitif.
Yang terakhir adalah acara Rising Orange dalam rangka Milad UAD ke 55 ini dikenal mahasiswa murni karena perlombaannya. Kami selaku pihak penyelenggara sebisa mungkin menghindari hal yang bersifat hedonisme, berhura-hura, dan kurang bermanfaat seperti konser. Ditambah UAD ini notabenenya adalah kampus dalam masjid, dan ada sebagian yang kurang setuju apabila diadakan konser di kampus UAD, maka diadakannya konser akan menyalahi esensi dari Milad UAD. Jadi jika meriah itu kami usahakan karena lombanya bukan karena ada guest starnya.
Semoga Milad UAD selanjutnya dapat lebih baik dan lebih mengena di seluruh civitas akademika Universitas Ahmad Dahlan. Apabila ada kesalahan dari kami selaku pihak penyelenggara MILAD UAD 55, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Salam Pembaharu.

kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *