Dialog Bulanan KBM UAD

banner_db_bemu_7Hadirilah, Dialog Bulanan Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, pada hari sabtu (17/10/15) di Audit kampus 1 UAD pukul 19.00-22.00 dengan tema “KBM UAD, sudahkah menjadi keluarga ?”

 

TOR (TERM OF REFERENCE)

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, merupakan salah satu perguruan tinggi muhammadiyah yang besar di Indonesia. Besarnya universitas ini pun di lengkapi dengan lokasi geografis kampus yang tidak terpadu di satu tempat. Selain itu juga diimbangi dengan besarnya organisasi kemahasiswaan (ormawa) kampus yang kemudian kita kenal sebagai Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan(KBM UAD). KBM UAD terdiri dari dua jenis kelembagaan, yaitu tas Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). LKM sendiri sebagai subjek pemerintahan kampus tersebar disemua kampus dan secara hierarkis terdiri dari tingkat universitas, tingkat fakultas dan tingkat program studi. Sedang UKM adalah unit kegiatan yang mampu mewadahi minat bakat dari mahasiswa.

Jika kita lihat dari segi kuantitatif, UAD dengan 10 fakultasnya dan 26 program studi beserta seluruh komponen organisasi kemahasiswaanya, sangat mungkin terjadi permasalahan yang rumit. Dan, dari sekian banyak komponen KBM tersebut belum ada wadah untuk mereka bersilaturahim, bertemu, bertatap muka untuk membahas kemajuan kampus. Selama ini hanya ada KONGRES KBM yang diadakan setiap periodenya, itu pun sebagai hasil evaluasi dan lpj, juga pergantian pemerintahan. Selama satu periode hanya sekali bertemu, padahal sangat memungkinkan terjadi permasalahan, atau hal-hal kecil yang perlu didiskusikan di pertengahan periode, baik itu permasalahan internal KBM/kampus, atau pun permasalahan skala nasional.

 DIALOG BULANAN

Dialog Bulanan KBM UAD  yang merupakan program kerja dari Kementrian Dalam Negeri, Bem Universitas Ahmad Dahlan, adalah wadah yang mempertemukan komponen KBM untuk berdialog, beriskusi dan berbagi pandangan terkait suatu permasalahan/isu. Dialog Bulanan harapannya dapat menjadi jawaban dari kesenjangan yang kita rasakan, dan menjawab kebutuhan kita. Dengan mengangkat satu tema setiap pertemuannya, semoga perlahan permasalahan yang dihadapi KBM UAD menyurut, dan selain itu untuk isu skala nasional, harapannya KBM UAD mampu berkiprah, dan memberikan sumbangsih meskipun berupa gagasan.

Tujuan diadakannya Dialog Bulanan:

  • Sebagai wadah silaturahim antar komponen KBM UAD
  • Menyelesaikan permasalahan internal secara proaktif, tanggap dan cepat.
  • Sebagai wadah bermusyawarah mencari solusi dari masalah

Hasil diskusi di Dialog Bulanan kemudian akan di follow up oleh Komisi A (Advokasi) Dewan Perwakilan Mahasiswa UAD (DPM U). Dengan begini, harapannya pembicaraan tidak sekedar pembicaraan kosong, akan tetapi berbobot dan kemudian dapat direalisasikan.

DIALOG BULANAN KBM UAD, OKTOBER

KBM UAD, SUDAHKAH MENJADI KELUARGA?

Seluruh organisasi kemahasiswaan di UAD, secara kesatuan mengatasnamakan diri sebagai KBM, yaitu Keluarga Besar Mahasiswa. Namun, sudahkah menjadi seperti layaknya keluarga yang sebenarnya? Ini adalah sindiran dan pertanyaan besar.

Keluarga, sejatinya disana ada keharmonisan, kesesuaian pandang, keserasian, keindahan, bahkan tidak sekedar rasa saling mengormati, namun rasa saling menyayangi dan mengasihi pun seharusnya kita temukan disebuah keluarga. Sudah seperti itukah di KBM UAD? Dan poin-poin apa saja yang membuat KBM UAD belum bisa dikatakan keluarga? Dan seperti apa langkah kongkrit untuk memperbaikinya?

Jikalau KBM UAD sudah benar-benar menjadi keluarga, sudah menjadi satu jiwa, pastilah dapat menggemparkan dunia, melonjak sampai cakrawala, dan menghancurkan karang-karang yang menghadang perjuangan kita untuk mahasiswa dan rakyat jelata.

 

untuk TOR diatas  dapat didownload >> tor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *